Powered By Blogger

Senin, 18 Juni 2012

CONTROLING


Controlling

Fungsi Pengelolaan dalam Teknologi Pendidikan
Menurut AECT (1977:16) Fungsi pengelolaan bertujuan mengarahkan atau mengontrol satu atau lebih
pengembangan pendidikan/instruksional atau fungsi pengelolaan pendidikan/instruksional lainnya untuk
menjamin agar semuanya dapat beroperasi dengan efektif. Menurut Terry dalam Sobri, dkk (2009:1)
mengartikan pengelolaan sebagai usaha untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya melalui
usaha orang lain. Sedangkan menurut John D. Millet dalam Burhanuddin (1994:34) pengelolaan adalah suatu
proses pengarahan dan pemberian fasilitas kerja kepada orang yang diorganisasikan dalam kelompok formal
untuk mencapai tujuan. Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa, pengelolaan adalah suatu kegiatan
terancana dan terkontrol yang dikerjakan dua orang atau lebih dengan pemberian fasilitas untuk mengarahkan
instruksional sehingga tercapai tujuan yang telah ditetapkan secara efektif. Berikut beberapa fungsi pengelolaan
yang dikemukakan oleh para ahli: Henry Fayol mengemukakan ada 5 fungsi pengelolaan antara lain: Planning
(Perencanaan) Organizing (Pengorganisasian) Commanding (Pemberian perintah) Coordinating
(Pengkoordinasian) Controlling (Pengawasan) George R. Terry menuliskan ada 4 fungsi pengelolaan yang
dikenal dengan “POAC” antara lain: Planning Organizing Actuating Controlling Sedangkan John F. Mee
mengemukakan 4 fungsi pengelolaan antara lain: Planning Organizing Motivating Controlling Fungsi
pengelolaan yang dikemukakan John F. Mee sebenarnya hampir sama dengan konsep fungsi pengelolaan
George R. Terry, hanya saja “actuating” diperhalus menjadi “motivating” yang kurang lebih artinya sama.

PENGGERAKKAN


PENGGERAKAN

Pengertian Actuating secara bahasa adalah pengarahan atau dengan kata lain pergerakan pelakasanaan, sedang, pengertian secara istilah actuating(pengarahan) adalah mengarahkan semua karyawan agar mau bekarjasama & bekarja secara efektif dalam mencapai tujuan.
Dengan kata lain actuating adalah suatu usaha yang dilakuakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan berpedomanpada perencanaan(planning) dan usaha pengorganisasian.
Pelaksanaan pekerjaan dan pemanfaatan alat-alat bagaimanapun canggihnya atau handalnya, baru dapat dirasakan jika kayawan itu berperan aktif melaksanakannya.

ORGANIZING


ORGANIZING

Organising berasal dari kata to organize dimana kata ini berasal dari kata organ. Sedangkan kata organ dalam Webstre’e New Collagiale Dictionary berasal dari kata organon, bahasa Greek.
Adapun arti kata organ ialah, an Instrument or medium by Which an Importan is Performed or end accomploshed. Artinya suatu alat atau media yang digunaka untuk tindakan penting atau pencaapaian tujuan.
Jadi to organize mengandung arti menyusun bagian-bagian yang terpisah-pisah menjadi suatu kesatuan sehingga dapat digunakan untuk menjalankan tindakan dalam pencapaian tujuan.
Dengan demikian organizing merupakan proses penyusunan bagian-bagian yang terpisah itu menjadi suatu kesatuan yang harmonis, sehingga dapat digunakan untuk pelaksaan kerja dalam mencapai tujuan yang dikehendaki.

Ciri-ciri Pengorganisasian yaitu :
1. Dapat menjawab pertanyaan sebagaimana yang dikemukakan oleh R. Kepling yaitu: What, Why, Where, When, Who, dan How.
Untuk menjawab pertanyaan what maka dalam organizing, dilihat kepada apa yang terdapat dalam perencanaan, sehingga antara organizing dan perencanaan terdapat keselaaarasan. Hal ini adalah sangat penting mengingat apabila perencanaan dan perorganisasian tidak selaras dan searah akan terjadi kekacauan dan kesimpang siuran dalam pelaksanaan kerja, sehingga tujuan telah ditetapkan tidak akan tercapai.


2. Rational, flexible, continue, pragmatia, dan ideal
Adapun yang dimaksud dengan organizing harus flexible yaitu bahwa organiszing itu harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan terarah kepada sasarannya sehingga tidak mengalami kekakuan yang dapat menyebabkan hambatan- hambatan atau kemacetan. Dalam organizing harus pula memperhitungkan masa depan atau yang datang agar supaya dapat terus berlangsung ( continue) dengan demikian pengkaderan ( up- grading) tenaga-tenaga kerja untuk pemimpin pada masa yang akan datang merupakan syarat mutlak, mengingat manusia itu terbatas usianya.

3. Tidak terlepas dari pada tools of manajemen ( sarana dari pada manajemen)
Organising gunanya ialah untuk mengarahkan segala kegiatan terhadap sasarannya kegiatan itu memerlukan orang, uang, materi, metode, dan lain-lain atau sarana dari pada manajemen.