Powered By Blogger

Rabu, 03 April 2013

BAB I Kewarganegaraan


BAB I
PENGANTAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
A. Latar Belakang pendidikan kewarganegaraan & kompetensi yang diharapkan
1. Latar Belakang Pendidikan Kewarganegaraan
Perjalanan panjang sejarah bangsa Indionesia yang dimulai sejak era sebelum dan selama penjajahan, kemudian dilanjutkan dengan era perebutan dan mempertahankan kemerdekaan sampai hingga era pengisian kemeerdekaan menimbulakan kondisi dan tuntutan yang berebeda sesuai dengan zamannya. Kondisi dan tuntutan tersebutt ditanggapi oleh bangsa Indonesia berdasarkan kesamaan nilai-nilai perjuangan bangsa yang senantiasa tumbuh menjadi kekuatan yang mampu mendorong proses terwujudnya Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam wadah Nusantara.
2. Kompetensi yang Diharapkan dari Pendidikan Kewarganegaraan
 a. Hakikat Pendidikan
 b. Kemampuan Wraga Negara
 c.  Menumbuhkan Wawasan Warga Negara
 d. Dasar Pemikiran Pendidikan Kewarganegaraan
 e. Kompetensi yang Diharapkan
B. Pemahaman tentang Bangsa, Negara, Hak dan Kewajiban Warga Negara, Hubungan Warga Negara dengan Negara atas dasar Demokrasi, Hak Asasi Manusia (HAM), dan Bela Negara
1. Pengertian dan Pemahaman tentang Bangsa dan Negara
Pengertiannya dapat diuraikan sebagaiberikut:
Pengertian bangsa
Bansa adalah orang-orang yg memiliki kesamaan asal keturunan, adat, bahasa dan sejarah serta berpemerintahan sendiri.
Pengertian dan Pemahaman Negara
Negara adalah suatu perserikatan yang melaksanakan suatu pemerintahan melalui hokum yang mengikat masyarakat dengan kekuasaan untuk memaksa ketertiban social.
2. Negara dan Warga Negara dalam Sistem Kenegraan di Indonesia
Kedudukan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Negara yg pada dasarnya mensyaratkan adanya wilayah, pemerintahan, enduduk sebagai warga Negara, dan pengakuan dari Negara-negara lain sudah dipenuhi oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
3. Proses Bangsa yang Menegara
Proses bangsa yang menegara memberikan gambaran tentang bagaimana terbentuknya bangsa, dimana sekelompok manusia berada didalamnya merasa sebagai bagian dari Bangsa.
4. Pemahaman Hak dan Kewajiban Warga Negara
Dalam UUD 1945 Bab X, pasal tentang warga Negara telah diamanatkan pada pasal 26.27,28 dan 30.
5. Hubungan Warga Negara dan Negara
a. Siapakah Warga Negara?
b. Kesamaan Kedudukan dalam Hukum dan Pemerintahan
c. Hak atas Pekerjaan dan Penghidupan yang Layak Bagi Kemanusiaan
d. Kemerdekaan Berserikat dan Berkumpul
e. Kemerdekaan Memeluk Agama
f. Hak dan Kewajiban Pembelaan Negara
g. Hak mendapat Pengajaran
h. Kebudayaan Nasional Indonesia
i. Kesejahteraan Sosial.
6. Pemahaman tentang Demokrasi
a. Konsep Demokrasi
Definisi demokrasi adalah sebuah bentuk kekuasaan (kratein) dari/oleh/untuk rakyat (demos).
b. Bentuk Demokrasi dalam Pengertian Sistem Pemerintahan Negara
    1. Bentuk Demokrasi
    2. Kekuasaan dalam Pemerintahan
    3. Pemahaman Demokrasi di Indonesia
    4. Prinsip Dasar Pemeritahan Republik Indonesia
    5. Beberapa Rumusan Pancasila
    6. Struktur Pemerintahan Republik Indonesia

c. Pemahaman tentang Demokrasi Indonesia
Demokrasi dapat kita pandang sebagai suatu mekanisme dan cita-cita hidup berkelompok yang didalam UUD 1945 disebut kerakyatan.
7. Pemahaman tentang Hak Asasi Manusia
Di dalam Mukadimah Deklarasi Universal tentang Hak Asasi Manusia yang telah disetujui dan diummkan oleh Resolusi Majelis Umum perserikatan Bangsa-Bangsa Nomor 217 A (III) tanggal 10 desember 1948terdapat pertimbangan-pertimbangan.
8. Kerangka Dasar Kehidupan Nasional Meliputi Keterkaitan antara Falsafah Pancasila, UUD 1945, Wawasan Nusantara, dan Ketahanan Nasional
a. Konsepsi Hubungan antara Pancasila dan Bangsa
b. Pancasila sebagai Landasan Idiil Negara
9. Landasan Hubungan UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
a. Pancasila sebagai Ideologi Negara
b. UUD 1945 sebagai Landasan Konstitusi
c. Implementasi Konsepsi UUD 1945 sebagai Landasan Konstitusi 
d. Konsepsi Prtama tentang Pancasila sebagai cita-cita dan Ideologi Negara
e. Konsepsi UUD 1945 dalam Mewadahi Perbedaan Pendapat dalam Kemasyarakatan Indonesia
f. Konsepsi UUD 1945 dalam Infrastruktur Politik
10. Perkembangan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara
a. Situasi NKRI Terbagi dalam Periode-periode
Periode yg dimaksud tersebut adalah yeng berkaitan tentang kepentingan sejarah perkembangan pendidikan pendahuluan Bela Negara.
b. Pada Periode Lama Bentuk Ancaman yang Dihadapi adalah Ancaman Fisik
Ancaman yang datangnya dari dalam maupun dari luar, langsung maupun tidak langsung, menumbuhkan pemikiran mengenai cara menghadapinya.
c. Periode Orde Baru dan Periode Reformasi
Ancaman yang dihadapi dalam periode-periode ini berupa tantangan non fisik dan gejolak social.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar