Powered By Blogger

Senin, 18 Juni 2012

CONTROLING


Controlling

Fungsi Pengelolaan dalam Teknologi Pendidikan
Menurut AECT (1977:16) Fungsi pengelolaan bertujuan mengarahkan atau mengontrol satu atau lebih
pengembangan pendidikan/instruksional atau fungsi pengelolaan pendidikan/instruksional lainnya untuk
menjamin agar semuanya dapat beroperasi dengan efektif. Menurut Terry dalam Sobri, dkk (2009:1)
mengartikan pengelolaan sebagai usaha untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya melalui
usaha orang lain. Sedangkan menurut John D. Millet dalam Burhanuddin (1994:34) pengelolaan adalah suatu
proses pengarahan dan pemberian fasilitas kerja kepada orang yang diorganisasikan dalam kelompok formal
untuk mencapai tujuan. Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa, pengelolaan adalah suatu kegiatan
terancana dan terkontrol yang dikerjakan dua orang atau lebih dengan pemberian fasilitas untuk mengarahkan
instruksional sehingga tercapai tujuan yang telah ditetapkan secara efektif. Berikut beberapa fungsi pengelolaan
yang dikemukakan oleh para ahli: Henry Fayol mengemukakan ada 5 fungsi pengelolaan antara lain: Planning
(Perencanaan) Organizing (Pengorganisasian) Commanding (Pemberian perintah) Coordinating
(Pengkoordinasian) Controlling (Pengawasan) George R. Terry menuliskan ada 4 fungsi pengelolaan yang
dikenal dengan “POAC” antara lain: Planning Organizing Actuating Controlling Sedangkan John F. Mee
mengemukakan 4 fungsi pengelolaan antara lain: Planning Organizing Motivating Controlling Fungsi
pengelolaan yang dikemukakan John F. Mee sebenarnya hampir sama dengan konsep fungsi pengelolaan
George R. Terry, hanya saja “actuating” diperhalus menjadi “motivating” yang kurang lebih artinya sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar