Powered By Blogger

Senin, 18 Juni 2012

ORGANIZING


ORGANIZING

Organising berasal dari kata to organize dimana kata ini berasal dari kata organ. Sedangkan kata organ dalam Webstre’e New Collagiale Dictionary berasal dari kata organon, bahasa Greek.
Adapun arti kata organ ialah, an Instrument or medium by Which an Importan is Performed or end accomploshed. Artinya suatu alat atau media yang digunaka untuk tindakan penting atau pencaapaian tujuan.
Jadi to organize mengandung arti menyusun bagian-bagian yang terpisah-pisah menjadi suatu kesatuan sehingga dapat digunakan untuk menjalankan tindakan dalam pencapaian tujuan.
Dengan demikian organizing merupakan proses penyusunan bagian-bagian yang terpisah itu menjadi suatu kesatuan yang harmonis, sehingga dapat digunakan untuk pelaksaan kerja dalam mencapai tujuan yang dikehendaki.

Ciri-ciri Pengorganisasian yaitu :
1. Dapat menjawab pertanyaan sebagaimana yang dikemukakan oleh R. Kepling yaitu: What, Why, Where, When, Who, dan How.
Untuk menjawab pertanyaan what maka dalam organizing, dilihat kepada apa yang terdapat dalam perencanaan, sehingga antara organizing dan perencanaan terdapat keselaaarasan. Hal ini adalah sangat penting mengingat apabila perencanaan dan perorganisasian tidak selaras dan searah akan terjadi kekacauan dan kesimpang siuran dalam pelaksanaan kerja, sehingga tujuan telah ditetapkan tidak akan tercapai.


2. Rational, flexible, continue, pragmatia, dan ideal
Adapun yang dimaksud dengan organizing harus flexible yaitu bahwa organiszing itu harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan terarah kepada sasarannya sehingga tidak mengalami kekakuan yang dapat menyebabkan hambatan- hambatan atau kemacetan. Dalam organizing harus pula memperhitungkan masa depan atau yang datang agar supaya dapat terus berlangsung ( continue) dengan demikian pengkaderan ( up- grading) tenaga-tenaga kerja untuk pemimpin pada masa yang akan datang merupakan syarat mutlak, mengingat manusia itu terbatas usianya.

3. Tidak terlepas dari pada tools of manajemen ( sarana dari pada manajemen)
Organising gunanya ialah untuk mengarahkan segala kegiatan terhadap sasarannya kegiatan itu memerlukan orang, uang, materi, metode, dan lain-lain atau sarana dari pada manajemen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar