Powered By Blogger

Minggu, 02 Desember 2012

BIODIVERSITAS

BIODIVERSITAS
Bahwa biodiversitas memiliki fungsi secara biofisik dan secara ekologi yang dapat memberikan dukung anterhadap kehidupan dan kesejahteraan manusia. Diketahui bahwa biodiversitas dalam ekosistem lahan pertanian memberikan peran yang sangat penting dalam proses-proses ekologi seperti pengendalian hama, penyerbukan, penentu kesuburan tanah, penyedia sumberdaya air serta meningkatkan kandungan nutrient dalam tanah, (Alvarezetal:2005). Dan beberapa referensi lainya yang menyebutkan pengertian daribiodiversitas sebagaiberikut: PengertianSumberDayaAlamHayati(Biodiversitas)
a. Pengertian Biodiversitas (dariSocietyofAmericanForesters): Biodiversitas mengacu pada macam dan kelimpahan spesies ,komposisi genetiknya, dankomunitas, ekosistem dan bentang alam dimana mereka berada. Definisi yanglain menyatakan bahwa biodiversitas sebagai diversitas kehidupan dalam semua bentuknya, dan pada semua level organisasi. Dalam semua bentuknya menyatakan bahwa biodiversitas mencakup tumbuhan, binatang, jamur, bakteri dan mikroorganisme yanglain. Semua level organisasi menunjukkan bahwa biodiversitas mengacu pada diversitasgen, spesies dan ekosistem.
b. Biodiversitas fungsional merupakan variasi dalam proses-proses ekologi, seperti pendauran unsure hara atau aliran energi. Ini merupakan komponen yang paling sulit untuk diukur dan dipahami.
c. Ahli ekologi membedakan biodiversitas pada skala special pada tiga kategori: alpha, beta dan gamma. Diversitas alpha adalah diversitas didalam suatu habitat. Diversitas beta merupakan diversitas diantara habitat, sedangkan diversitas gamma merupakan diversitas diantara geografi (diversitas skala geografi). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar