Powered By Blogger

Kamis, 17 Januari 2013

Tambang Uranium di Indonesia


Tambang Uranium di Indonesia


Tambang Uranium di Indonesia. Para peneliti menemukan indikasi adanya potensi tambang uranium di Mamuju. Berdasarkan penelitian terdapat potensi tambang uranium yang terletak di tiga kecamatan di Kabupaten Mamuju (Sulawesi Barat). Dimana tiga titik tersebut adalah di Desa Takandeang, Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju. Meskipun demikian hal ini masih diteliti lebih lanjut oleh Bapeten (Badan Pengawas Tenaga Nuklir).
tambang uranium di Indonesia Tambang Uranium di Indonesia
Seperti yang kami kutip dari Deputi Bidang Pengkajian Keselamatan Nuklir (Bapeten) Dr Khoirul Huda M Eng mengatakan bahwa :
Hasil penelitian yang telah kami lakukan selama ini cukup mengejutkan. Ini karena semenjak Bapeten melakukan penelitian di Indonesia, ternyata potensi di Mamuju adalah daerah tertinggi radioaktifitasnya. Ini menunjukan ada potensi uranium di daerah Mamuju.
Selain di tiga titik daerah tersebut, masih ada beberapa tempat lain yang di indikasi memiliki kandungan uranium cukup tinggi. Tambang Uranium di indikasi juga ada di Desa Belang Belang, Kecamatan Kalukku dan di Kecamatan Tobadak. Jika hasil penelitian menunjukan kebenaran akan hal ini, maka akan bertambah daftar Tambang Uranium di Indonesia tentunya.
Menurut penelitian, kabupaten Mamuju merupakan wilayah yang memiliki radioaktif relatif tinggi di bandingkan dengan beberapa daerah di Indonesia lainnya. Di Mamuju dilaporkan dosis radioaktivitas hampir menyamai dengan dosis radioaktivitas di wilayah Pocos de Caldas Brazil yakni ~250 nsv per tahun.
Deputi Bidang Pengkajian Keselamatan Nuklir Bapeten Dr Khoirul Huda M Eng juga mengatakan bahwa mereka sedang meneliti dan mencoba mendalami lebih lanjut wilayah Mamuju.
Dr Khoirul Huda M Eng menjelaskan kepada masyarakat untuk tidak perlu khawatir dengan kondisi tersebut. Dr Khoirul Huda M Eng menghimbau masyarakat agar tetap tenang. Pihak terkait akan melakukan beberapa pendekatan dan juga akan berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk menindaklanjuti hal ini.
Berbicara mengenai radioaktivitas tinggi itu bisa menjadi menguntungkan dan juga merugikan. Tentunya radioaktivitas yang tinggi akan dapat mengancam kesehatan manusia. Namun dibalik itu juga berpotensi adanya kandungan uranium didalamnya.
Hasil penelitian untuk sementara ini menyimpulkan bahwa Mamuju adalah daerah tertinggi radioaktifnya di Indonesia dan berpotensi besar terdapat tambang uranium didalamnya. Semoga artikel Tambang Uranium di Indonesia ini bermanfaat.
uranium di indonesia | hasil tambang di indonesia | daerah di indonesia yang berpotensi mengandung besi | pertambanga uranium di indonesia | tambang uranium di indonesia |

1 komentar:

  1. di desa bastem kecamatan pantilang kab luwu SULSEL mungkin perlu jg di teliti kemungkinan terdapat potensi tambang uranium.tq

    BalasHapus